Monday, April 12, 2010

Pengguna Ubuntu Tembus Angka 12 Juta

Pintu Kaya - Entah kenapa saya tertarik membuat postingan mengenai ubuntu. Selain karena saya mendapatkan artikel yang bagus ini dari okezone, juga mengingatkan pada teman saya yang menyarankan untuk memakai ubuntu. Mengapa? Entahlah saya juga belum tahu apa saja kelebihan Distro Linux ini.

Tanpa disangka juga pengguna Ubuntu sudah mencapai angka 12 juta orang, wow. PadahalSeperti yang diketahui, jumlah pengguna Ubuntu pada tahun 2008, hanya sekira 8 juta pengguna. "Berdasarkan metodologi yang sama pada tahun 2008, kami percaya bahwa saat ini jumlah pengguna mencapai 12 juta," kata Chris Kenyon, vice president for OEM Canonical

Berdasarkan data Linux Planet, kehadiran Ubuntu 10.04 atau yang dikenal dengan nama kode 'Lucid Lynx'  akan semakin mendongrak jumlah pengguna nantinya.Ckck, jadi berapa kali yah penggunanya?

Oh ya setelah saya cari apa saja keuntungan Ubuntu? ternyata saya dapat dari abang wikipedia. Berikut adalah cuplikan kata-kata yang saya kutip dari abang Wiki :
Ubuntu mempunyai filosofi sebagai berikut :
  • bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
  • bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan
  • bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.

Nah, jadi sudah tahu kan apa saja keuntungan dari Ubuntu?
Semoga berguna buat Sobat Blogger sekalian

No comments:

Post a Comment